Modul Ajar Seni Rupa Kelas VI Smt 2 Kurikulum Merdeka

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

A.

INFORMASI UMUM

Nama Penyusun

:

FITRI YETTI, S.Pd

Institusi

:

SD N 22 Koto Baru

Mata Pelajaran

:

Seni Rupa

Unit 7

:

Komik Sederhana Tentang Sahabat dan Keluarga

Jenjang Sekolah

:

Sekolah Dasar (SD)

Semester

:

II (Genap)

Fase / Kelas

:

B / IV (Empat)

Alokasi Waktu

:

2 JP

Tahun Pelajaran

:

2022/2023

 

 

 

Moda Pembelajaran

:

Tatap Muka

Metode  Pembelajaran

:

Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Demonstrasi & Penugasan

Model Pembelajaran

:

Pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning)

Target Peserta Didik

:

Peserta Didik Reguler/Tipikal

Karakteristik PD

:

Umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Jumlah Peserta Didik

:

Jumlah yang disarankan 20 – 30 peserta didik

Profil Pelajar Pancasila

:

ü  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

ü  Berkebinenkaan Global, Komunikasi dan Interaksi antar budaya

ü  Bernalar Kritis

Sarana & Prasarana

:

1.     Komputer/Laptop, Proyektor, Jaringan Internet*** 

2.     Buku Peserta didik, sumber belajar lain

3.     Alat tulis, penggaris dan pensil warna  

 

B.

Komponen Inti

1.

Capaian Pembelajaran (CP)

 

 

Di akhir fase B, peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ungkapan ekspresi kreatif dengan rinci walaupun hasilnya belum menunjukkan proporsi yang optimal. Diharapkan pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenal dan dapat menggunakan keterampilan atau pengetahuan dasar tentang unsur rupa garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna dengan bahan, alat, dan prosedur yang dipilih dalam menciptakan karya 2 dan 3 dimensi.

Capaian berdasarkan elemen

Elemen

Capaian Pembelajaran

Mengalami

(Experiencing)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan garis pijak dan proporsi walaupun masih berdasarkan penglihatan sendiri.

Peserta didik mengenali dan dapat menggunakan alat, bahan dan prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.

Menciptakan

(Making/Creating)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu menciptakan karya 2 atau 3 dimensi dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk, tekstur, ruang dan warna.

Merefleksikan

(Reflecting)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain atau era atau budaya tertentu) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)

Pada akhir fase B, peserta didik mulai mulai terbiasa secara mandiri menggunakan berbagai prosedur dasar sederhana untuk berkarya dengan aneka pilihan media yang tersedia di sekitar. Peserta didik mengetahui, memahami dan mulai konsisten mengutamakan faktor keselamatan dalam bekerja.

Berdampak (Impacting)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan, minat atau konteks lingkungannya.

 

2.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

 

 

1.        Memahami masalah sampah dan lingkungan

2.        Peduli dengan masalah lingkungan dalam bentuk respon yang kreatif

3.        Membuat desain (merancang) produk dari sampah plasti berdasarkan prinsip desain yang baik (baca di bagian bawah)

3.

Tujuan Pembelajaran

 

 

1.       Peserta didik diajak memahami masalah sampah dan lingkungan

2.       Peserta didik dilatih peduli dengan masalah lingkungan dalam bentuk respon yang kreatif

3.       Peserta didik berlatih dilatih membuat desain (merancang) produk dari sampah plasti berdasarkan prinsip desain yang baik (baca di bagian bawah)

4.

Materi Pokok

 

·         Komik

5.

Kegiatan Pembelajaran

 

A.  Kegiatan Awal (10 Menit)

 

1.        Guru mengkondisikan kelas dan melakukan absensi

2.        Peserta didik berdoa bersama sebelum memulai pelajaran

3.        Guru mengucapkan salam, menyapa dan mendata kehadiran peserta didik

4.        Guru menyampaikan pokok-pokok pembelajaran unit ini kepada peserta didik di awal pelajaran

5.        Guru menjelaskan pengertian, jenis, dan bentuk komik

 

B. Kegiatan Inti (50 Menit)

 

Merencanakan Tugas-tugas Belajar

1.       Guru memberikan contoh komik dari pokok-pokok materi unit ini dan sumbersumber lainnya

2.       Peserta didik memperhatikan, membandingkan dan mulai membangun ide dalam bentuk rancangan tentang bendera hias.

3.       Guru memberi tugas eksperimen membuat komik sederhana tentang keluarga, sahabat, dan binatang peliharaan

Apresiasi Karya Peserta didik

4.       Guru meminta peserta didik menunjukkan bendera hias ciptaannya

5.       Guru mengajak peserta didik melakukan apresiasi berama-sama pada karya-karya peserta didik yang dihasilkan

6.       Jika memungkinkan, jadikan ruang kelas sebagai galeri bendera

7.       Guru mengajak peserta didik berpendapat tentang karyanya sendiri dan karya temantemannya

8.       Dalam melakukan apresiasi harap dikaitkan dengan pokok-pokok pembelajaran

Evaluasi

9.       Guru memberikan arahan bagi peserta didik yang terlihat kesulitan dan tidak mengerti dalam memahami, merancang  dan membuat bendera

10.    Guru memandu proses apresiasi dan evaluasi yaitu pemberian umpan balik antar kelompok.

 

C. Kegiatan Penutup (10 Menit)

 

1.        Kegiatan diakhiri dengan menyimpulkan secara bersama-sama tentang pembelajaran yang dilaksanakan.

2.        Guru mengadakan refleksi dengan mengecek pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

3.        Peserta didik diajak menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama sesuai agama dan kepercayaan peserta didik.

4.        Guru melaksanakan evaluasi proses pembelajaran.

5.        Guru merencanakan tindak lanjut.

 

 

6.

Refleksi

 

Untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran, guru diharapkan melaksanakan refleksi kegiatan pembelajaran di kelas.

·         Apakah peserta didik dapat mengikuti pelajaran dengan baik?

·         Apa saja kesulitan yang dialami selama proses pembelajaran?

·         Apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran?

·         Apakah ada peserta didik yang perlu mendapat perhatian khusus?

 

 

C.

Lampiran

 

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

 

Rubrik Penilan

 

Daftar Pustaka

Muhamad Faisol, Mufid Sam Indratma (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SD Kelas IV Kelas 4. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Muhamad Faisol, Mufid Sam Indratma (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SD Kelas IV Kelas 4. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Koto Baru,                                   2023

Mengetahui:

 

Kepala SD N 22 Koto Baru,

Guru kelas IV,

 

 

 

 

 

 

LIZA. M, M.Pd

FITRI YETTI, S.Pd

NIP. 19720216 199303 2 005

NIP. 19640221 198303 2 005

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

A.

INFORMASI UMUM

Nama Penyusun

:

FITRI YETTI, S.Pd

Institusi

:

SD N 22 Koto Baru

Mata Pelajaran

:

Seni Rupa

Unit 8

:

Menabung pada Celengan Indah Buatan Sendiri

Jenjang Sekolah

:

Sekolah Dasar (SD)

Semester

:

II (Genap)

Fase / Kelas

:

B / IV (Empat)

Alokasi Waktu

:

2 JP

Tahun Pelajaran

:

2022/2023

 

 

 

Moda Pembelajaran

:

Tatap Muka

Metode  Pembelajaran

:

Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Demonstrasi & Penugasan

Model Pembelajaran

:

Pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning)

Target Peserta Didik

:

Peserta Didik Reguler/Tipikal

Karakteristik PD

:

Umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar

Jumlah Peserta Didik

:

Jumlah yang disarankan 20 – 30 peserta didik

Profil Pelajar Pancasila

:

ü  Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

ü  Kreatif

ü  mandiri

Sarana & Prasarana

:

1.     Komputer/Laptop, Proyektor, Jaringan Internet*** 

2.     Buku Peserta didik, sumber belajar lain

3.     Alat tulis, penggaris dan pensil warna 

4.     Botol plastik, kaleng bekas atau kubus dan tabung dari kardus

 

B.

Komponen Inti

1.

Capaian Pembelajaran (CP)

 

 

Di akhir fase B, peserta didik mampu menuangkan pengalamannya secara visual sebagai ungkapan ekspresi kreatif dengan rinci walaupun hasilnya belum menunjukkan proporsi yang optimal. Diharapkan pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenal dan dapat menggunakan keterampilan atau pengetahuan dasar tentang unsur rupa garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna dengan bahan, alat, dan prosedur yang dipilih dalam menciptakan karya 2 dan 3 dimensi.

Capaian berdasarkan elemen

Elemen

Capaian Pembelajaran

Mengalami

(Experiencing)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan garis pijak dan proporsi walaupun masih berdasarkan penglihatan sendiri.

Peserta didik mengenali dan dapat menggunakan alat, bahan dan prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat.

Menciptakan

(Making/Creating)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu menciptakan karya 2 atau 3 dimensi dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk, tekstur, ruang dan warna.

Merefleksikan

(Reflecting)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang lain atau era atau budaya tertentu) serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)

Pada akhir fase B, peserta didik mulai mulai terbiasa secara mandiri menggunakan berbagai prosedur dasar sederhana untuk berkarya dengan aneka pilihan media yang tersedia di sekitar. Peserta didik mengetahui, memahami dan mulai konsisten mengutamakan faktor keselamatan dalam bekerja.

Berdampak (Impacting)

Pada akhir fase B, peserta didik mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai dengan perasaan, minat atau konteks lingkungannya.

 

2.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

 

 

1.       Membuat karya kriya mengandung manfaat langsung (fungsional)

2.       Mengetahui unsur seni rupa (desain/rancangan) pada karya fungsional

3.       Memupuk untuk hidup hemat

4.       Berlatih mandiri

3.

Tujuan Pembelajaran

 

 

1.       Peserta didik dilatih membuat karya kriya mengandung manfaat langsung (fungsional)

2.       Peserta didik diperkenalkan pada unsur seni rupa (desain/rancangan) pada karya fungsional

3.       Peserta didik dipupuk untuk hidup hemat

4.       Peserta didik dilatih mandiri

4.

Materi Pokok

 

·         Desain fungsional, yaitu merancang karya kriya berupa celengan yang mengandung manfaaat secara langsung

5.

Kegiatan Pembelajaran

 

A.  Kegiatan Awal (10 Menit)

 

1.       Guru mengkondisikan kelas dan melakukan absensi

2.       Peserta didik berdoa bersama sebelum memulai pelajaran

3.       Guru menyampaikan salam kepada peserta didik

4.       Guru menyampaikan topik pembelajaran

5.       Guru menjelaskan pokok-pokok materi tentang manfaat menabung

6.       Guru menjelaskan prinsip-prinsip desain untuk membuat celengan

7.       Guru memberi beberapa contoh celengan yang mudah dibuat

 

B. Kegiatan Inti (50 Menit)

 

1.       Guru menambahkan pengetahuan lain di luar pokok-pokok materi

2.       Guru mengidentifikasi bahan-bahan yang mudah ditemukan untuk membuat celengan (misalnya kaleng dan kardus bekas)

Praktik Membuat Celengan

3.       Guru meminta kepada peserta didik membuat rancangan celengan

4.       Peserta didik diberi waktu yang cukup membuat celengan

5.       Guru dan peserta didik mendiskusikan karya yang dihasikan berdasarkan pokokpokok materi

Menabung pada Celengan

6.       Guru mengembalikan celengan kepada peserta didik dan memerintahkan untuk menabung

7.       Setelah sekian lama (misalnya 1 bulan), guru dan peserta didik melakukan evaluasi dan refleksi terhadap tabungan yang dihasilkan

8.       Asesmen dilakukan berdasarkan kontinuitas peserta didik menabung, bukan jumlah uang/hasilnya (masuk dalam indikator Kepribadian Pancasila pada tabel penilaian)

 

C. Kegiatan Penutup (10 Menit)

 

1.       Kegiatan diakhiri dengan menyimpulkan secara bersama-sama tentang pembelajaran yang dilaksanakan.

2.       Guru mengadakan refleksi dengan mengecek pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.

3.       Peserta didik diajak menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama sesuai agama dan kepercayaan peserta didik.

4.       Guru melaksanakan evaluasi proses pembelajaran.

5.       Guru merencanakan tindak lanjut.

 

 

6.

Refleksi

 

Untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran, guru diharapkan melaksanakan refleksi kegiatan pembelajaran di kelas.

1.       Sudahkan peserta didik memahami penjelasan Anda tentang tesktur?

2.       Bagaimana pemahaman peserta didik tentang tekstur ketika diwujudkan menjadi sebuah karya?

3.       Bagaimana karya peserta didik ketika dikaitkan dengan pokok-pokok materi pembelajaran yang Anda jelaskan?

4.       Pengalaman apa saja yang ditemukan dalam bereksperimen dengan tekstur?

5.       Apa saja yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran agar hasilnya semakin baik?

 

 

C.

Lampiran

 

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

 

Rubrik Penilan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Muhamad Faisol, Mufid Sam Indratma (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SD Kelas IV Kelas 4. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Muhamad Faisol, Mufid Sam Indratma (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SD Kelas IV Kelas 4. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


LINK DOWNLOAD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

75 Film Romantis Terbaik Sepanjang Masa: Romance yang Tak Tertandingi

realme C63 8GB+8GB*|128GB (45W Fast Charge | Air Gestures Control | TÜV Certification | 7.74mm Ultra Slim | NFC)

realme 12 5G 8GB+8GB*|256GB (108MP 3X Zoom Portrait Camera | Trendy Watch Design | Ultra-slim Body | 5G 6nm Process Chipset | 45W SUPERVOOC Charge | 5000mAh Battery)